.

Lowongan Kerja PT Kereta Api Indonesia

Lowongan Kerja Kereta Api Indonesia (Persero) (disingkat KAI atau PT KAI) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. Layanan PT Kereta Api Indonesia meliputi angkutan penumpang dan barang.

Pada tanggal 14 Agustus 2008 PT Kereta Api Indonesia melakukan pemisahan Divisi Jabodetabek menjadi PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) untuk mengelola kereta api penglaju di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Sejarah berdiri PT Kereta Api Indonesia (Persero) pada hari Jumat, tanggal 17 Juni 1864, kereta api (KA) pertama di Indonesia lahir. Pembangunan diprakarsai oleh Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) dengan rute Kemijen-Tanggung.

Baca juga loker lainnyaLowongan Kerja (Loker) PT Kao Indonesia

Sebelumnya saati itu bernama Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA), semasa Orde Lama. Lalu, pada tanggal 15 September 1971 berubah menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA, Perjanka). Kemudian, pada tanggal 2 Januari 1991, PJKA berubah menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka), dan semenjak tanggal 1 Juni 1999, Perumka mulai menunjukkan keterbukaannya dan berubah menjadi PT Kereta Api (Persero) (PT KA). Pada bulan Mei 2010, nama PT KA berubah menjadi PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI), hingga saat ini.
Logo PT Kereta Api Indonesia (Persero)

Loker PT Kereta Api Indonesia (Persero) Terbaru 2016 saat ini kembali membuka  untuk beberapa posisi dengan kualifikasi sebagai berikut:


Pegawai Kereta Api Indonesia untuk alumni Universitas Sriwijaya

Kriteria pelamar:
  • WNI
  • Usia pelamar per 1 Januari 2016 serendah-rendahnya 18 tahun, setinggi-tingginya 35 tahun
  • Memiliki ijazah S1 Teknik Sipil/Teknik Elektro dengan program studi yang terakreditasi “A” oleh BAN-PT pada saat tanggal kelulusan atau dari universitas yang dilegalisir
  • Memiliki IPK minimal 2,95 (dua koma sembilan lima)
  • Diutamakan pria
  • Tinggi badan untuk pria minimal 160 cm dan wanita minimal 155 cm dengan berat badan ideal
  • Tidak ada ikatan kerja dengan instansi lain
  • Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah kerja perusahaan
  • Berkelakuan baik dengan dibuktikan surat dari POLRI (SKCK)
  • Sehat jasmani dan rohani serta tidak buta warna
  • Tidak perlah terlibat narkoba dan psikotropika
  • Khusus pria tidak bertindik
  • Tidak bertato
  • Apabila terdapat pelamar yang belum mendapatkan ijazah maupun transkrip nilai, pelamar dapat membuktikan dengan surat keterangan lulus (SKL) dengan tetap memenuhi persyaratan lainnya sebagaimana tercantum di atas. (catatan : pada saat tanda tangan kontrak pkm ijazah dan transkrip nilai asli harus ada)

Persyaratan umum pelamar:
  1. Foto copy ijazah S1 yang dilegalisir
  2. Foto copy transkrip nilai yang dilegalisir
  3. Akreditasi program studi dari BAN-PT (http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php) pada saat tanggal kelulusan atau dari universitas yang dilegalisir
  4. Foto copy kartu tanda penduduk (KTP) yang masih berlaku
  5. Pas foto berwarna 4x6 (4 buah)
  6. Curriculum Vitae (CV) dengan mencantumkan pengalaman bekerja sampai dengan saat ini
  7. Surat lamaran ditulis tangan dan ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,-
  8. Surat keterangan bebas narkoba dari instansi yang berwenang
  9. Surat keterangan kelakuan baik (SKCK) dari kepolisian yang masih berlaku
  10. Surat pernyataan tidak ada ikatan kerja langsung dengan instansi lain
  11. Surat keterangan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja perusahaan (disediakan sewaktu tanda tangan kontrak magang)
  12. Surat pernyataan bersedia dikeluarkan dari perusahaan tanpa tuntutan dalam bentuk apapun, apabila data yang diberikan pada saat melamar tidak benar atau palsu, bermaterai Rp. 6000,- (disediakan sewaktu tanda tangan kontrak magang)

Cara Melamar:
  • Pelamar terlebih dahulu harus mengisi form registrasi online di www.cdc.unsri.ac.id
  • Persyaratan 1 s/d 6 dikumpulkan pada saat penyerahan berkas administrasi, yaitu pada tgl 11 – 13 Januari 2016 di Sekretariat Career Development Center Universitas Sriwijaya (CDC-UNSRI) Gedung KPA Lantai 3, Kampus Unsri Indralaya. Pengumpulan berkas dilakukan pada saat jam kerja yaitu pkl. 08.30 – 15.30 WIB
  • Persyaratan 7 s/d 12 dibawa pada saat tanda tangan kontrak magang, yang direncanakan pada tanggal 1 Februari 2016.
  • Seleksi akan dilakukan dalam 5 tahapan, yaitu Tahap I seleksi adminsitrasi, Tahap II seleksi Kesehatan Awal, Tahap III Seleksi Psikologi, Tahap IV Seleksi Wawancara, Tahap V seleksi Kesehatan Akhir. Untuk Tahap Seleksi II - V, waktu dan lokasi akan diinformasikan kemudian.


Batas Lamaran : 13 Januari 2016